1 lot berapa lembar

1 Lot Berapa Lembar Saham? Berikut ini Penjelasannya

Saham adalah sebuah instrumen investasi yang memberikan imbal hasil atau keuntungan menggiurkan. Sebelum memulai investasi saham, penting untuk mempelajari terlebih dulu berbagai istilah dasar yang berkaitan dengannya. Ada salah satu istilah yang nantinya akan sering digunakan, yakni lot. Bila kamu penasaran, berikut ini penjelasannya.

Apa pengertian Lot?

Lot merupakan satuan resmi yang ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam transaksi perjual belian saham. Mungkin kamu bertanya-tanya, 1 lot berapa lembar saham? Mengacu pada ketentuan BEI, 1 lot sama dengan 100 lembar saham. Saat hendak bertransaksi saham, seorang investor diharuskan untuk membeli atau menjual minimal 1 lot saham.

Sebelumnya dalam bidang penanaman modal di Indonesia, 1 lot saham setara dengan 500 lembar saham. Namun, pada 6 Januari 2014, BEI membuat aturan baru tentang jumlah lot saham. Aturan ini menetapkan 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham.

Penetapan aturan baru ini dibuat dengan tujuan agar pasar saham tidak selamanya dikuasai oleh perusahaan besar atau orang dengan modal besar saja. Investor dengan modal dana terbatas seperti karyawan swasta, pelaku usaha kecil, mahasiswa hingga ibu rumah tangga bisa ikut berpartisipasi dalam investasi saham. Dengan berlakunya aturan ini, calon investor bisa melalukan investasi dengan dana di bawah Rp500 ribu.

Lalu, berapa harga 1 Lot lembar saham? Harga yang ditawarkan tiap emiten saham berbeda-beda, kamu bisa melihat harga saham langsung di laman resmi BEI. Di halaman ini, informasi harga saham dari berbagai perusahaan hingga ratusan perusahaan saham tersedia.

Sebagai contoh, harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) ditawarkan di level Rp 30.625 per lembar. Untuk dapat berinvestasi di BBCA, investor harus melakukan pembelian minimal 1 lot saham yang berisi 100 lembar. Artinya untuk memiliki 1 lot saham BBCA, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 3.062.500. Bagi sebagian investor, jumlah tersebut cukup besar dan butuh modal.

3 Tips Berinvestasi 1 Lot Saham Bagi Pemula

Bagi investor pemula, ketentuan 1 lot saham berapa lembar oleh bursa akan terasa memberatkan. Agar tetap bisa berinvestasi dengan mudah, berikut tiga tips berinvestasi saham bagi pemula :

1. Ketahui harga lot saham tiap perusahaan

Sebelum memulai membeli saham, hal penting yang harus dipelajari adalah berapa rata-rata harga 1 lot saham dari perusahaan target investasi. Pada umumnya, semakin baik reputasi perusahaan, maka harga saham per lotnya juga akan semakin tinggi.

2. Siapkan modal agar bisa beli 1 lot saham atau lebih

Langkah kedua siapkan modal dengan menabung untuk bisa membeli 1 lot saham. Bila perusahaan saham atau emiten yang kamu targetkan memiliki harga saham per lot yang tinggi, kamu bisa membuat alokasi dana dan menabungnya terlebih dahulu sampai cukup untuk beli saham 1 lot.

3. Bisa mulai dengan membeli saham perusahaan kecil

Sebagian besar investor pemula berimpian memiliki saham perusahaan blue chip. Akan tetapi, nyatanya harga untuk 1 lot saham blue chip bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, sebagai pemula ada baiknya kamu mulai berinvestasi saham dari perusahaan kecil terlebih dulu. Setelah nanti dana tabungan semakin banyak, kamu bisa membeli saham emiten lainnya yang lebih besar.

Nah, sekarang sudah tahu kan 1 lot saham berapa lembar? Yuk, mulai perhitungkan berapa modal saham yang harus kamu siapkan untuk berinvestasi saham. Selamat berinvestasi, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *